Kisah Dongeng Atau Cerita Anak Untuk Memberikan Motivasi Dan Pelajaran Tentang Kebaikan

Kisah Kancil Dan Harimau Yang Serakah

Kisah Kancil Dan Harimau Yang Serakah : Hallo teman teman semuanya setelah kalian membaca kisah sebelumnya tentang Harimau Yang Sombong, kali ini kita lanjutkan lagi ya dengan kisah harimau yang serakah. Sebenarnya cerita ini masih berhubungan dengan cerita sebelumnya oleh karena itu kamu harus membaca dulu kisah yang lalu DISINI.

Mari kita lanjutkan ceritanya, pada kisah yang lalu dengan judul Harimau Yang Sombong Dan Bodoh Bagian 2 telah di kisahkan kalau harimau membuat beberapa jebakan untuk menangkap kancil yang cerdik.

Harimau Memburu Kancil

Di pagi yang cerah kancil dengan riang gembira menyusuri hutan untuk mencari makan seperti kebiasaannya setiap hari. Ternyata kebiasaan kancil ini telah di ketahui oleh harimau yang jahat, maka dari itu harimau membuat jebakan di setiap daerah yang sering di lalui oleh kancil yang cerdik itu.

Dengan gaya sombong seperti kesombongan yang selama ini membuat dirinya gagal untuk menangkap kancil, harimau merasa sangat yakin kalau ia akan sukses besar. Sambil menunggu kancil melalui jalannya harimau menunggu di bawh pohon dengan bersembunyi.

Perangkap Kancil

Tidak lama berselang terdengarlah suara kancil yang bernyayi riang melalui jalan tersebut dan harimau siap siaga untuk melepaskan perangkap yang sudah di buatnya. Tepat di mana posisi perangkap yang di buat harimau sang kancil berdiri dan tiba tiba terdengar bunyi gubrak dan kancilpun masuk dalam perangkap yang di buat oleh harimau lapar tersebut.

Dengan tertawa terbahak bahak karena perangkapnya berhasil harimau keluar dari persembunyiannya, dan kancil yang sedikit panic kaget bukan kepalang karena telah masuk jebakan dan jebakan tersebut ternyata di buat oleh harimau. Dalam hati kancil berkata “kali ini mati aku, aku harus mencari akal secepatnya agar bisa keluar dari perangkap ini”.

Kancil Masuk Perangkap

Lalu kancil berkata pada harimau “Tampaknya kalau kelaparan sekali “
harimaupun menjawab “betul dalam keadaan seperti ini kau masih sempat untuk mengasihani aku wahai kancil? Itu sebabnya aku akan segera melahapmu untuk pengganjal perutku yang lapar, lumayanlah walau dalam beberapa jam kemudian aku akan kelaparan lagi”.

Kancilpun berkata lagi “ apakah kau tidak pernah berpikir untuk mendapatkan daging yang lebih besar daripada tubuhku ini? Agar kau bisa kenyang dalam waktu berminggu minggu?
Lalu harimau tertawa sombong dan menjawab hahahahaha sudah aku rasakan semua daging hewan di hutan ini dan tidak ada satupun yang terlewatkan olehku, aku tinggal menyantapmu dan terbuktilah aku si raja hutan yang perkasa yang telah merasakan seluruh jenis daging di hutan ini.

Dalam keadaan tersebut kancilpun melanjutkan siasatnya untuk mengelabui sang harimau dan berkata, “wahai harimau yang akan ku beritahukan padamu ini bukan hewan dan aku yakin kau belum pernah merasakan, mereka menyebutnya manusia, dangingnya sangat lezat sekali dan aku tau tempatnya kalau kau ingin mencobanya”.

Dengan rasa penasaran harimau berkata “sungguh hebat kau merayuku, setidaknya nyawamu terselamatkan beberapa saat, cepatlah kau antarkan aku, tapi aku tidak bodoh untuk melepaskanmu”.

Lalu harimau melepaskan kancil dari perangkap dan mengikat lehernya agar tidak bisa melarikan diri. Kancilpun membawa harimau ketempat dimana manusia berada yaitu di pinggiran hutan.

Kancil Tertangkap

Setelah beberapa saat menunggu harimau semakin penasaran karena belum ada manusia yang terlihat dan tiba tiba dari jarak yang tidak terlalu jauh tampaklah seorang manusia bertubuh tegap dengan senjata lengkap yang sedang ingin pergi berburu ke dalam hutan, dan kancilpun berkata “nah itu dia manusia yang ku katakana, lihatlah tubuhnya besar dan pasti rasanya sangat lezat sekali serta dapat mengenyangkanmu berminggu minggu”.

Harimau yang kelaparan dengan sedikit ragu berkata “iya aku melihatnya tapi apa itu yang di bawanya? Apakah itu senjata?”
“Aah paling itu hanya alat pengusir nyamuk, kan di hutan ini banyak nyamuknya dan manusia tidak tahan di gigit nyamuk, sudahlah harimau, buruan tangkap sebelum rasa laparmu bertambah parah” kata kancil kepada harimau tersebut.

Kancil Dan Pemburu

Akibat sifatnya yang serakah harimau yang bodoh dan lapar tersebutpun meninggalkan kancil di pinggiran hutan dan mencoba menerkam manusia pemburu tersebut. Namun apa daya pemburu yang telah berpengalaman itu dengan mudah menjatuhkan harimau menggunakan senjata di tangannya. Harimau yang mengira senjata di tangan pemburu tersebut sebagai alat pengusir nyamuk kaget bukan bukan kepalang, hampir saja senjata itu mengenai tubuhnya.

Harimau Yang Serakah

Karena harimau tau senjata tersebut berbahaya maka harimaupun mengurungkan niatnya untuk menangkap manusia dan melarikan diri jauh kedalam hutan sambil meniggalkan kancil yang telah membebaskan diri.

Demikianlah kisah dongeng kali ini tentang Kisah Kancil Dan Harimau Yang Serakah semoga teman teman dapat mengambil manfaat dan hikmahnya kisah ini, sampai jumpa lagi di cerita dongeng berikutnya.

Pesan Cerita:
Setelah teman teman tau kalau sifat sombong tidak membawa kebaikan pada diri kita kali ini teman teman juga harus tau sifat serakah pun demikian. Harimau yang telah mendapatkan kancil dari hasil perangkapnya namun menginginkan daging yang lebih besar yaitu daging manusia malah pada akhirnya tidak mendapatkan apa apa akibat sifat serakahnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kisah Kancil Dan Harimau Yang Serakah

0 komentar:

Posting Komentar